Berawal dari Ma'rifatullah...

Dalam sebuah riwayat menyatakan bahwa perkara pertama yang mesti dilaksanakan dalam agama adalah mengenal Allah (awwaluddin ma’rifatullah).  Bermula dengan mengenal Allah, maka kita akan mengenali diri kita sendiri.  Siapakah kita, dimanakah kedudukan kita berbanding mahluk-mahluk yang lain, apakah sama misi hidup kita dengan binatang-binatang yang ada di bumi ini, apakah tanggung jawab kita dan kemanakah kesudahan hidup kita.  Semua persoalan itu akan terjawab secara tepat setelah kita mengenali betul-betul Allah sebagai Rabb dan Ilah.  Yang Mencipta, Yang Menghidupkan, Yang Mematikan dan seterusnya.


Dalam Quran surat 47:19, “Maka Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.”

ayat ini mengarahkan kepada kita dengan bahasa (ketahuilah olehmu) bahwasanya tidak ada Ilah selain Allah dan minta ampunlah untuk dosamu dan untuk mukminin dan mukminat.  Apabila Al-Qur’an menggunakan sibghah amar (perintah), maka ia menjadi wajib menyambut perintah tersebut.  Dalam konteks ini mengetahui atau mengenali Allah (makrifatullah) adalah wajib.

Dalam Quran Surat ke 3 ayat 18, Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan dia (yang berhak disembah), yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). tak ada Tuhan melainkan dia (yang berhak disembah), yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”


Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan melainkan Dia, dan telah mengakui pula para malaikat dan orang-orang yang berilmu Allah berdiri dengan keadilan.  Tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.

Dalam Quran surat ke 22 ayat 72-73, ”Dan apabila dibacakan di hadapan mereka ayat-ayat kami yang terang, niscaya kamu melihat tanda-tanda keingkaran pada muka orang-orang yang kafir itu. hampir-hampir mereka menyerang orang-orang yang membacakan ayat-ayat kami di hadapan mereka. Katakanlah: "Apakah akan Aku kabarkan kepadamu yang lebih buruk daripada itu, yaitu neraka?" Allah Telah mengancamkannya kepada orang-orang yang kafir. dan neraka itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.”


”Hai manusia, Telah dibuat perumpamaan, Maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.”

Allah telah menjanjikan kepada mereka yang mengingkari ayat-ayat Allah baik berupa ayat qauliyah atau kauniyah dengan hukuman berupa api neraka.

Janji ini Allah turunkan di dalam surat Al-Hajj ayat 72-73 : Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang kamu dapati pada muka-muka orang kafir kemarahan.  Hampir-hampir mereka menendang orang-orang yang membacakan kepada mereka ayat-ayat kami.  Katakanlah kepada mereka : Hendaklah aku khabarkan kepada kamu dengan yang lebih buruk daripada itu, iaitulah neraka yang telah dijanjikan oleh Allah kepada mereka yang kufur dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.  Wahai manusia, dibawakan satu permisalan maka hendaklah kamu dengar !  Sesungguhnya orang-orang (berhala-berhala) yang engkau sembah selain Allah tidak akan mampu mencipta seekor nyamuk sekalipun seluruh mereka berkumpul untuk tujuan itu.  Dan jika mereka dihinggapi oleh seekor lalat, mereka tidak mampu untuk menyelamatkan diri.  Lemahlah orang yang menuntut dan orang yang dituntut (sembah).


Dalam Quran surat ke 39 ayat 67, ”Mereka tidak mentakdirkan Allah dengan ukuran yang sebenarnya sedangkan keseluruhan bumi berada di dalam genggamanNya pada Hari Kiamat dan langit-langit dilipatkan dengan kananNya.  Maha Suci Dia dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka sekutukan.”

Orang-orang kafir tidak mentakdirkan Allah dengan takdir yang sebenarnya karena mereka tidak benar-benar mengenal Allah.


Luar biasanya Al-Quran...

Membaca Al Quran tidak akan mengurangi waktumu. Justru sebaliknya, ia akan menambah waktumu. Secara hitungan matematika dunia, me...

ARTIKEL POPULER